Melihat foto atau video dari postingan seseorangan atau brand di Instagram sudah menjadi rutinitas mengisi waktu kosong bagi kaum millennial. Kebanyakan kalau sudah pegang HP dan ada waktu senggang pasti disempatkan untuk membuka aplikasi instagram. Dan hampir semua handphone tertanam aplikasi instagram.

Maka dari itu perlunya memanfaatkan pemasaran menggunakan media instagram. Dilihat dari penggunanya yang berada di era millennial berkisar umur 17 hingga 34 tahun ada baiknya kita perhatikan beberapa hal yakni:
· Produk yang dijual
· Cara mempromosikan yang efektif
Dan berikut tips untuk kedua hal diatas
Tips memilih produk yang cocok dijual di instagram

1. Demand / permintaan tinggi, fashion dan kecantikan
Produk beauty and fashion dikalangan millennial memang tidak ada matinya, karena mengingat produk ini selalu dinamis. Yang artinya selalu berubah dengan sangat cepat, jika belum berpengalaman langkah mengambil barang secara grosir tidak disarankan. Untuk menggurangi peluang rugi adapun kita harus selalu update dengan apa yang lagi trend sekarang.
2. Produk anak muda
Mengingat pasar dari instagram adalah millennial ada baiknya produk yang dijual adalah berkisar tentang anak muda. Namun sebenarnya apapun barang atau jasanya bisa di promosikan dengan instagram, hanya saja jika kita belum memiliki produk peluang yang terbesar adalah mengikuti kemauan pasar, dan pasar instagram adalah anak muda.
Contoh produk anak muda pun beraneka ragam mulai dari aksesori, topi, tas, aksesoris HP dan yang terpenting adalah harga. Kita harus tahu betul berapa harga yang mudah dikeluarkan oleh anak muda berkaitan tentang produk anda.
3. Pastikan dibutuhkan jika berkaitan jasa
Jika berkaitan dengan jasa pastikan servise yang anda tawarkan dibutuhkan oleh pasar instagram. Contoh jika memiliki jasa servise ac atau barang elektronik bisa saja dipasarkan di instagram tapi sepertinya usaha untuk promosi dan yang dihasilkan kurang maksimal. Lain hal nya jika jasa servise tersebut di promosikan di OLX, pasti lebih efektif.
Contoh jasa yang efektif untuk pasar instagram adalah photographer, make up artis, jasa tour and travel dan lain sebagainya. Bahkan jika anda memiliki pengikut yang banyak anda bisa menjual jasa pemasaran untuk produk atau jasa lainnya, namun pastikan legal ya.
4. Jika makanan pastikan kemudahan delivery
Banyak yang berhasil menaikkan omzet bisnis kuliner dari promosi instagram. Karena instagram sekarang pun banyak dibuat sebagai referensi seputar makanan. Bahkan sekarang banyak peliput makanan yang sukses di instagram mereka memasang bujet berkisar 200 ribu hingga satu juta untuk sekali liput. Enakkan sudah makan gratis dibayar pula.
Cara efektif promosi di Instagram

5. Menentukan visi dan misi merek
Hal utama yang harus ditekankan adalah berkaitan tentang merek anda dulu. Pendekatan ini efektif untuk digunakan dalam segala bisnis. Pondasi visi dan misi tetap tidak tergantikan apapun era nya visi dan misi menjadi fundamental suatu bisnis.
Renungkan dan tuliskan terlebih dahulu, mudahnya bagaimana anda ingin dikenal oleh konsumen suatu merek anda istilahnya Top of Mind ketika orang bilang contohnya merek permen “Kopiko” pasti yang teringgat adalah “gantinya kopi”. Tidak harus berupa quote atau kata-kata, bisa juga dengan berkaitan lokasi, logo, simbol, produk dan lain sebagainya.
6. Diikuti dengan content sesuai dengan pasar
Setelah tahu betul apa yang ingin disampaikan sekarang cara untuk menyampaikannya. Kalau poin nomer dua ini bisa disesuaikan dengan media yang digunakan, pasar yang dituju, bahasa yang digunakan.
Semoga sedikit ulasan tentang pendahuluan marketing dengan instagram bisa dapat membantu menaikkan popularitas merek dan berujung menaikkan omzet penjualan.
Add your comment for: