-->

Are you ready for VUCA? Berikut Penjelasannya

Di zaman yang semakin penuh dengan ketidak pastian timbulah istilah VUCA. Pernahkan kalian mendengar VUCA yang merupakan akronim dari Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity. Kalau pembaca tidak asing berarti kalian sedang mendalami ekonomi ataupun bisnis. 
Referensi pihak ketiga https://www.5paisa.com/school/introduction-to-volatility

Volatility dengan keadaan perubahan yang tidak menentu 

Volatility bisa digambarkan era dimana terjadi perubahan yang menimbulkan ketidakstabilan pada teknologi, politik, ekonomi, bahkan social dan budaya. Seperti contoh era digital pasti kita sudah menyadari akan era digital yang terjadi, hanyakah kita sudah paham betul tentang pemahaman dan pemanfaatan era digital. Website dan atau social media hanya inikah yang kita kenali sebagai era digital. Keduanya adalah produk dari era digital, pengaruh dari website dan social media sangat besar dalam dunia nyata. Namun digitalisasi lebih dari itu merupakan strategi dan mindset untuk lebih efektif dan menembus keterbatasan dalam pemasaran dan kemudahan. Dengan tujuan lebih memahami pelanggan dengan data yang tidak terstruktur menjadi pola yang dapat dimanfaatkan. 
Melawan suatu perubahan butuh usaha dan waktu yang hampir tidak mungkin. Maka bersahabat dengan perubahan menjadi solusi yang bijaksana. Untuk bersinergi dengan perubahan wajib bagi kita untuk memahami dan memiliki strategi agar tidak tengelam di dalamnya. Zaman online tidak akan mengantikan offline secara keseluruhan. Offline menjadi pelengkap dan pembeda dengan gencarnya perang online. Omnichanel menjadi hal yang dibutuhkan untuk memberikan pengalaman kecepatan online dan offline untuk menciptakan loyalty dan advocate dengan memanjakan dengan five sense indera yang tidak didapat di online. 

Uncertainty dengan kejutan pesaing yang bisa terjadi kapan saja 

Referensi pihak ketiga https://myventurepad.com/handle-uncertainty-business/
Mengenal pesaing baik di ranah lokal maupun global memang dibutuhkan, hanya saja alokasi untuk kedua ini jadikan seminim mungkin. Karena butuh usaha yang lebih untuk melihat gerak gerik kompetitor belum lagi dengan jumlah kompetitor yang banyak karena banyaknya pemain baru dalam usaha online. Mengarahkan fokus kepada pelanggan menjadi strategi yang efektif, dan datangnya pemain global dalam lingkup bisnis kita menandakan bahwa anda berada dalam jalur bisnis yang benar. Maksimal pengenalan karakter konsumen menjadi konversi dalam penjualan.

Complexity keinginan pelanggan dengan variable yang menyulitkan 

Referensi pihak ketiga http://talkswithteachers.com/complexity-what-does-it-mean-and-how-to-teach-it/
Keanekaragaman permintaan pelanggan akan otomatis dapat terselesaikan dengan kata kunci kita memberikan pelayanan melebihi apa yang pelanggan bayangkan. Dan untuk media online khususnya kecepatan pelayanan akan sangat menentukan dari kepuasan pelanggan, kalau tidak pelanggan mudah saja beralih ke media online lainnya.

Ambiguity antara pemilik dan pekerja dengan ketidakjelasan arah.

Referensi pihak ketiga http://www.cleverpm.com/2014/09/30/accept-ambiguity-then-drive-it-out/
Kejelasan organisasi menentukan arah sangat berpengaruh, investasi yang setengah-setengah akan memperpendek umur suatu organisasi. Investasi untuk inovasi sangat dibutuhkan, karena derasnya arus perubahan akan dengan mudah membiaskan antara inovasi atau bereaksi terhadap disruption yang ada. Pemanfaatan teknologi perlu dimanfaatkan untuk mempermudah selaras dengan visi dan misi suatu organisasi. Dan sekarang mudah saja menerima raport KPI (Key Performa Index) karena bisa dilihat dari like and share yang dinilai oleh netizen sebagai konsumen. 
Dalam era digitalisasi banyak hal baru dan kita dituntut melakukan inovasi dan bersinergi atau akan tengelam dalam derasnya arus. Pembelajaran dan berinovasi menjadi harga mati. Dan terakhir adalah berdoa, ya benar berdoa karena mengingat banyaknya faktor ketidakpastian dalam berusaha dan keterbatasan ruang kita. Doa menjadi solusi yang tak tergantikan. 
Sumber dari entrepreneurial marketing by markplusinc.com

Are you ready for VUCA? Berikut Penjelasannya